Kamis, 28 Januari 2016

Searching Komputer

SEARCHING adalah mesin pencari WEB atau yang lebih dikenal dengan istilah WEB SEARCH merupakan program komputer yang dirancang untuk mencari informasi yang tersedia didalam dunia maya.
Searching adalah proses pencarian data dari sekumpulan data yang sudah ada. Pencarian data sering juga disebut dengan table look-up atau store and retrieval information. Hasil dari suatu pencarian dapat bernilai salah (tidak ketemu atau tidak sukses) atau benar (ketemu atau sukses). Untuk data yang tidak ketemu biasanya ada prosedur tersendiri untuk menambah atau menyisipkan data yang belum ada tersebut.
Pencarian biner merupakan salah satu cara atau metode untuk melaksanakan proses pencarian. Cara ini merupakan cara yang paling cepat di antara metode-metode yang lainnya. Metode pencarian biner dapat dijelaskan sebagai berikut. Pertama-tama data-data yang sduah ada harus diurutkan dahulu. Selanjuutnya data yang sudah diurutkan tadi disebut sebagai vektor. Kemudian vektor tadi dibagi menjadi dua subvektor yang memiliki jumlah elemen yang sama, kemudian data yang dicari dibandingkan dengan data terakhir dari subvektor pertama. Jika data tersebut lebih kecil maka berarti data kemungkinan ada di subvektor pertama, sehingga pencarian dapat dilakukan di subvektor pertama dengan terlebih dahulu membagi subvektor tadi menjadi dua subvektor. Jika lebih besar maka berarti data kemungkinan ada di subvektor kedua, sehingga pencarian dapat dilakukan di subvektor kedua dengan terlebih dahulu menbagi subvektor tadi menjadi dua subvektor.

Cara Efektif Searching di Google
Kadang saya suka bingung saat pencarian sesuatu menggunkan mbah google, yakni search engine terpupuler sejagat raya hehe segitunya yah, emang bener dari yang baru bisa menggunakan internet sampai seseorang yang sehari-harinya berkecimpung di dunia maya pun kebanyakan menggunakan search engine google sebagai masin pencari seperti file, vedio, musik, situs dan lain sebagainya.
Namun seringkali juga kita kecewa dengan pencarian yang kita lakukan karena saat kita memasukan keyword yang ingin malah tidak efektif dan seringkali diluar keinginan kita, Nah sampai akhirnya saya temukan beberapa cara pencarian pada google agar mendapatkan haisl yang efektif.
Ok secara umum search google ini terbagi dua jenis pencarian : Basic Search danAdvanced Search, Basich Search adalah fitur pencarian yang sudah biasa kita gunakan yaitu ketika mengakses google secara langsung.
Sedangkan yang Advanced Search menyediakan berbagai pilihan fitur pencarian baik secara operator dasar, file format yang kira ingin cari, bahasa dan lainnya.

sumber: http://ratihriyani.blogspot.co.id/2012/12/materi-8-pengertian-searching.html



Cara Kerja Search Engine 1: Menjelajahi dan Menyusun Index

  • Google mengawali proses kerjanya dengan menjelajahi semua halaman yang ada di internet (saat ini ada lebih dari 60 Triliun halaman)
  • Mesin Pencari ini mengirimkan robotnya untuk mengunjungi semua halaman dengan cara mengikuti link dari suatu halaman ke halaman lainnya. (pemilik situs bisa mencegah halaman-halamannya dimasuki oleh robot mesin pencari dengan memasang robots.txt yang melarang semua robot atau robot tertentu untuk masuk)
  • Google mengurutkan semua halaman itu berdasarkan kontennya dan faktor-faktor lainnya, dan sesudah itu menyimpan rekamannya dalam index (pusat kumpulan data Google)

Cara Kerja Search Engine 2: Pencarian dan Algoritma

  • Saat anda mengetikkan sesuatu di kotak pencarian, maka apa yang anda ketikkan itu akan terkirim dan diproses di sistem
  • Mesin pencari akan bekerja mencari petunjuk-petunjuk untuk memahami apa yang anda inginkan, dan di sini ada 6 proses:
    • Ejaan, untuk menilai apakah ejaan anda sudah benar, dan jika salah maka Google akan memberi saran
    • Autocomplete, di mana Google memperkirakan apa yang kira-kira dicari dengan berbagai variasi makna lainnya
    • Sinonim, Google berusaha melihat dokumen-dokumen lain yang mengandung kata-kata yang sinonim dengan pencarian anda
    • Metode Pencarian, Google juga menyediakan data lain dalam format tertentu seperti video, atau gambar yang berkaitan dengan kata kunci tersebut
    • Google Instant, yang berusaha menampilkan hasil secepat mungkin kepada anda.
  • Dari semua petunjuk yang dikumpulkan di atas Google akan menarik data dari tempat penyimpanannya tadi yang kita sebut index.
  • Proses menampilkan data ini (ranking) harus melalui algoritma Google:
    • Kualitas Situs dan Halaman -- Algoritma Google akan bekerja untuk mengenali seberapa terpercaya, bereputasi, dan berotoritasnya suatu sumber dengan menggunakan beberapa parameter. Salah satu di antara parameter itu adalah pagerank
    • Kesegaran -- Google juga memandang penting untuk mempertimbangkan informasi-informasi terbaru untuk ditampilkan dalam hasil pencariannya
    • Pencarian Aman -- Google sebisa mungkin mengurangi hasil pencarian yang berkonten dewasa dari hasil pencarian anda (kecuali anda memang mencari konten dewasa). Jadi kalau anda bukan situs konten dewasa, tapi memasang iklan yang menuju situs yang mengandung konten dewasa, maka kemungkinan anda untuk ranking akan berkurang
    • Konteks Pengguna -- Google juga akan melihat posisi geografis kita dan cookie pada komputer untuk menentukan ranking halaman yang ditampilkannya....
    • Bahasa -- Google juga akan menggolongkan hasil pencarian berdasarkan bahasa dan negara
    • Konten Umum -- Ini seperti gambar, video, berita, peta, dan lain-lain yang juga akan diikutsertakan dalam halaman hasil pencarian.
  • Semua proses di atas berlangsung dalam 1/8 detik sebelum dikirimkan ke layar anda.
Tentu di luar ini Google juga terus bekerja mengatasi spam, dan oleh karena itu ada yang namanya penalty/hukuman dari Google. Coba lihat artikel terkait di bawah untuk mencari tahu penalty apa saja yang perlu anda hindari.
Sumber: http://trikmudahseo.blogspot.com/2014/01/cara-kerja-search-engin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar