Jumat, 14 Agustus 2015

Pengertian Template

Anda pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Apalagi bagi para netter yang biasa berkelanan di dunia maya. Setiap kali mereka browsing mencari situs tertentu pasti mereka akan menemui template, yang berbentuk desain web tertentu. Selain di ranah internet sebenarnya template memiliki beberapa arti, tergantung dari mana kita melihatnya.
Dalam software template adalah fasilitas yang disediakan oleh aplikasi tertentu dengan model/type tampilan/program tertentu. Contohnya MS. Word templatenya adalah berbagai bentuk surat, Ms. Exel templatenya adalah berbagai bentuk nota atau biling, dreamweaver templatenya berbentuk halaman html atau php.
Sementara itu dalam dunia internet, template adalah layout atau tampilan webblog, atau website yang akan dirancang, atau sebuah desain tampilan halaman dengan berisikan dokumen file model-model tambahan yang dikodekan dalam bahasa program dan siap pakai. Untuk lebih jelasnya, perhatikan gambar-gambar template di bawah ini:

Template merupakan salah satu identitas anda. Kita tidak dapat memilih template secara sembarangan, tentu saja jika website Anda ditujukan untuk konsumsi public. Kita tidak boleh memilih template yang hanya mengikuti selera sendiri, mengabaikan selera public yang menjadi sasaran Anda. Sebenarnya sah-sah saja membuat template yang aneh dan tidak lazim (tidak sinkron dengan tema web), tetapi hasilnya nanti akan kelihatan lucu.
Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam memilih / membuat template
  • Sebelum merancang sebuah web, sebaiknya Anda memikirkan template yang sesuai dengan tema / isi web Anda. Misalnya Anda ingin membuat web tentang kuliner, tentu saja tidak cocok jika template Anda dihiasi dengan gambar-gambar mobil, atau alat-alat musik.
  • Carilah template yang menarik sehingga pengunjung betah melihat website Anda. Anda dapat mencari template di situs-situs tertentu yang menyediakan template gratis.
  • Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah, template Anda diusahakan agar ringan sehingga ketika dikunjungi tidak lemot. Gambar-gambar ukurannya harus kecil sehingga tidak memperberat jika diakses. Biasanya para pengunjung akan membatalkan berkunjung ke website Anda jika aksesnya berat.
  • Usahakan template Anda SEO Friendly untuk mendapatkan pengunjung yang banyak. Apalah artinya website kita yang bagus tetapi tidak ada pengunungnya.
     
    cr:  http://ebud10.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar